Keajaiban kayu manis dan madu



JAKARTA, KOMPAS.com - Rahasia khasiat madu hingga kini masih menjadi misteri. Bukan hanya orang Timur, masyarakat Barat pun memanfaatkannya untuk penyembuhan. Mau coba resep mereka?
Campuran madu dan kayu manis dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Madu memang dihasilkan oleh hampir semua negara di dunia. Ayurverdic (penyembuh dengan metode ayurveda) dan pengobatan Yunani telah menggunakan madu sebagai obat selama berabad-abad.
Para ilmuwan saat ini juga mengakui madu sebagai obat yang sangat efektif untuk semua jenis penyakit, meskipun mereka masih menyimpan tanda tanya tentang apa yang sesungguhnya menjadi kekuatan utama madu.
Yang jelas, madu dapat digunakan sebagai obat tanpa menimbulkan efek samping. Menurut para ilmuwan moderen, meskipun rasanya manis, madu aman untuk penderita diabetes bila diberikan dalam dosis yang tepat.
Berikut ini daftar sejumlah penyakit yang dapat diatasi dengan madu dan kayu manis. Menurut Weekly World News semua itu telah diteliti oleh ilmuwan Barat.
1.    Arthritis (radang sendi). Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1 atau 2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam. Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan _ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total.  Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.
2.    Kerontokan Rambut.  Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis  sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian juga membuktikan, ramuan yang didiamkan di kepala selama 5 menit  pun tetap efektif.
3.    Infeksi Kandung Kemih. Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman di dalam kandung kemih.
4.    Sakit Gigi.    Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Pemakaian ramuan ini dapat dilakukan 3 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit.
5.    Kolesterol.  Kadar Kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ons air teh. Ramuan itu dapat mengurangi kadarKolesterol dalam darah sampai 10% dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan Kolesterol.
6.    Pilek.  Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan _ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.
7.   KESUBURAN .  Pengobatan Yunani dan ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun-tahun untuk memperkuat semen para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur, akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak  berabad-abad lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami isteri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mulai mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang isteri mulai mengandung dan melahirkan anak kembar.
8.    Sakit Perut.  Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai akar-akarnya.
9.    Kembung.  Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum  bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.
10.    Penyakit jantung.  Oleskan mandu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap hari. Madu dan kayu manis mengurangiKolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi risiko seranganjantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua. Konsumsi madu dan kayu manis secara teratus dapat memperlancar pernafasan dan memperkuat detakjantung. Rumah jompo di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memiliki gangguan pembuluh darah karena  tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karena usia, dengan ramuan tersebut. 
11. .Menurunkan berat badan: Minumlah campuran madu dan kayu manis yang direbus dalam segelas air setiap hari sebelum sarapan. Campuran ini dapat mencegah terkumpulnya lemak pada bagian tubuh kita. Ramuan ini bahkan dapat menurunkan berat badan pada para penderita obesitas jika di minum secara teratur setiap hari.



Berhasil Turun Bobot 15 Kg, Ini Dia Resep Kayu Manis Plus Madu Ala Erni


Menjelang usia 23 tahun, Erni Mulyani mengaku memiliki hobi jalan-jalan dan berfoto selfie. Beberapa waktu terakhir, foto-foto selfie Erni menunjukkan bahwa tubuhnya menggemuk. Malu, ia pun kemudian memutuskan untuk berdiet dengan resep unik.

Ya, Erni memanfaatkan bahan alami seperti kayu manis dan madu untuk menurunkan berat badan. Alhasil bobotnya yang semula 64 kg pun berhasil turun menjadi 49 kg. Seperti apa kisahnya? Berikut paparan Erni kepadadetikHealth, seperti ditulis pada Selasa (9/9/2014):

Penyebab awal saya melakukan diet karena saya sangat hobi jalan-jalan dan berfoto selfie tentunya. Sampai pada suatu ketika saya sangat malu melihat foto selfie saya di salah satu tempat wisata karena badan saya sudah melebar dan tidak enak dilihat. Semenjak itulah muncul niat saya untuk diet.

Bermacam-macam cara diet pun saya tempuh. Mulai dari minum pil pelangsing dan minum jamu. Tetapi tidak begitu saja berhasil, malah sama sekali tidak membuahkan hasil apa-apa.

Waktu itu juga sedang banyak berita tentang diet OCD ala Deddy Corbuzier, saya pun mencobanya. Seperti yang dianjurkan dalam diet OCD saya tidak sarapan, padahal sebelumnya saya rajin sarapan pagi di meja kantor sebelum bekerja.

Suatu waktu atasan saya di kantor ternyata melihat saya yang tidak pernah sarapan lagi, dia bertanya apakah saya diet, saya menjawab iya dan menceritakan kalau saya sedang diet OCD sehingga tidak sarapan. Kemudian atasan saya sangat tidak setuju dengan hal itu karena menurutnya tidak baik untuk pencernaan.

Dia pun memberitahu saya bahwa sekalipun sedang berdiet, tetap saja jangan sampai merusak tubuh. Dia menganjurkan saya untuk diet dengan minum madu dan kayu manis. Selain alami, madu dan kayu manis sangat bagus untuk tubuh. Sayapun mulai mencari informasi di internet untuk mencari tahu kebenarannya. Ternyata benar kayu manis dan madu banyak manfaatnya.

Berikut adalah resepnya:
Kayu manis 1/2 sendok teh diseduh dengan air panas 1/2 gelas kecil. Setelah agak hangat campurkan madu 1 sendok makan. Sebaiknya diminum pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, harus diimbangi dengan pola makan sehat dan berolahraga. Olahraga yang saya lakukan cukup sederhana, hanya lari pagi setiap hari sekitar 30 menit dan lompat tali 20 menit. Hasilnya, berat badan awal saya 64 kg, setelah 2 bulan rutin minum madu dengan kayu manis dan olahraga secara teratur berat badanpun turun menjadi 49 kg. Itu artinya sudah berhasil turun 15 kg.

Saya sangat senang dan banyak berterimakasih kepada atasan saya di kantor karena telah memberikan resep mujarab alami dan sehat tersebut. Begitulah pengalaman saya berdiet, semoga cerita saya bermanfaat untuk para pembaca setia detikHealth.

0 Response to "Keajaiban kayu manis dan madu"

Post a Comment

Popular Posts